KOMUNITAS BERMISI

KOMUNITAS BERMISI

Kis. 2: 41-47

Dalam rangka memperingati ulang tahun Gereja Kristus Ketapang ke-94, tema ibadah kita hari ini adalah: KOMUNITAS YANG BERMISI. Diharapkan tema ini mengingatkan kita akan Visi dan Misi GKK.  Bagaimana menjadi komunitas yang bermisi?  Kita meyakini hal itu dapat dicapai melalui dua (2) hal besar yaitu 2P: PEMULIHAN DAN PEMURIDAN.  Untuk itu mari kita sekali lagi dan terus belajar dari jemaat mula-mula tentang bagaimana menjadi komunitas yang bermisi, karena cara hidup mereka dapat dijadikan model gereja sepanjang zaman.  Melalui nas hari ini, kita akan menekankan tiga (3) hal yang berhubungan dengan Visi dan Misi GKK.

  1. PEMULIHAN PENGGEMBALAAN (Sentuhan kasih – TOUCHING).

Sebagai murid Kristus sejati, kita didorong tidak hanya menjadi pendengar saja, tetapi harus menjadi pelaku Firman Tuhan.  Sebuah pepatah mengatakan: satu teladan lebih berdampak daripada seribu nasihat.  Maka, langkah pemulihan pertama adalah MENGHIDUPI INJIL DALAM KOMUNITAS KITA.  Sebagaimana di ayat 44, “Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama.”  Mereka bersatu dan saling memberi perhatian satu dengan lainnya – saling menggembalakan.

  1. PEMULIHAN SPRITUALITAS (Pertumbuhan lewat Firman Tuhan – GROWING).

Selain aspek penggembalaan, mereka juga bertumbuh di dalam aspek kerohanian – spiritualitas.  Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul berdasarkan kebenaran Firman Tuhan (ay. 42).  Artinya, langkah pemulihan yang kedua adalah MENGINJILI HIDUP.  Mereka beribadah di rumah masing-masing, membentuk kelompok kecil – pemuridan.  Seperti yang dikatakan rasul Paulus kepada jemaat di Kolose: “…yaitu Injil, yang sudah sampai kepada kamu.  Injil itu berbuah dan berkembang di seluruh dunia, demikian juga di antara kamu sejak waktu kamu mendengarnya dan mengenal kasih karunia Allah dengan sebenarnya.”  (Kol. 1:5b-6).

  1. PEMULIHAN PI DAN MISI (Menjadi berkat – BLESSING)

Ciri persekutuan mereka adalah disukai banyak orang dan tiap-tiap hari Tuhan menambahkan jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan (ay. 47).  Dampak ini dirasakan hingga pasal 8:1-4 di mana mereka tersebar hingga ke seluruh negeri, ke seluruh daerah Yudea dan Samaria, sambil memberitakan Injil.

Melalui nas hari ini dapat disimpulkan bahwa pola menjadi Murid Kristus yang sejati adalah: digembalakan bukan untuk kenyamanan diri sendiri, tetapi untuk dimuridkan dan bertumbuh di dalam Kristus.  Sehingga selanjutnya menjadi terang dan garam bagi dunia – melakukan dan mendukung Pekabaran Injil dalam rangka penuntasan Amanat Agung-Nya.

KESIMPULAN 3 PEMULIHAN:

PENGGEMBALAAN       — Menghidupi Injil (dalam komunitas kita).

SPIRITUALITAS               — Menginjili hidup (agar kita berakar, bertumbuh dan berbuah).

PI–MISI                             —Memberitakan dan mendukung usaha Pekabaran Injil.
Penuntasan Amanat Agung-Nya.

Selamat ulang tahun ke-94 GKK.

Selamat menjadi berkat dan saksi-Nya.

Tuhan Yesus memberkati.

Dibuat oleh: Pdt. Setiawan Sutedjo

Article by Admin