PANDEMIC TIME – A CALL FOR CREATIVITY

PANDEMIC TIME – A CALL FOR CREATIVITY

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1Kor. 10:13)

Ada tiga pokok penting dari ayat di atas, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia.” Pencobaan-pencobaan yang kita alami walaupun sangat berat, tetap memiliki batasan, tidak melebihi kekuatan manusia, oleh sebab itu jangan cepat menyerah. Di bagian yang lain, dalam Ibrani 12:4 mengatakan, “dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah.” Percobaan-pencobaan adalah realitas hidup yang kita hadapi dan jalani, khususnya, kita yang telah dipanggil dari gelap kepada terang Tuhan, maka kita akan diperhadapkan dengan pencobaan-pencobaan yang hendak menarik kita kembali lagi kepada gelap, yaitu hidup manusia lama kita.
  2. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu.” Bagian kedua adalah menjelaskan tentang kesetiaan Allah yang menyertai. memelihara dan melindungi umat-Nya serta tidak membiarkan dan meninggalkan umat-Nya. Seperti yang tertulis dalam Ulangan 31:8, “Sebab TUHAN, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.” Menghadapi pencobaan-pencobaan tidaklah mudah, namun kita bersyukur atas anugerah dan janji penyertaan dan perlindungan Tuhan, yang memberikan jaminan bagi kita dalam menghadapi berbagai pencobaan hidup.
  3. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” Tuhan yang setia dan menyertai kita, akan memberikan kita kekuatan dan kemampuan untuk dapat menanggungnya, sehingga kita dapat berkata, “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku.” (Filipi 4:13)

Kesimpulan:

  1. Allah Setia
  2. Allah tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita
  3. Allah akan memberikan jalan keluar
  4. Hanya bersandar dan menaruh kepercayaan kepada Pencipta (Creator) kita dapat menjadi creative dalam menghadapi berbagai macam pencobaan dalam hidup kita.

~ Pdt. Martin Elvis ~

Article by Admin